Anies: Bu Susi, Kalau Pasar Ini Bau Tenggelamkan Saja!

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri ground breaking Pasar Ikan Modern di Muara Baru, Penjaringan Jakarta Utara. (foto/detik)

PENJARINGAN – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Pasar Ikan Modern di Muara Baru, Jakarta Utara. Pasar ditargetkan selesai pada akhir 2018.

Anies Baswedan hadir di lokasi peletakan batu pertama, Jalan Muara Baru Raya, Jakarta Utara, Kamis (8/2/2018) sekitar pukul 13.30 WIB. Anies disambut Susi Pudjiastuti dan Ketua Komisi IV Edhy Prabowo.

Anies berharap pembangunan pasar ikan dapat mengakomodasi budaya Indonesia. Namun tetap dengan pasar dibangun secara modern dan bersih.

“Mudah-mudahan kalau sudah jadi pengelolaan bersih. Desainnya Indonesia, dengan pengguna Indonesia, karena kadang dibangunnya tidak dengan indikator dan melupakan sisi Indonesia,” jelasnya.

Anies ingin pasar ikan modern di Muara Baru dapat sejajar dengan pasar ikan di luar negeri. Dia berpesan agar warga dapat memanfaatkan fasilitas di pasar ikan dengan baik.

“Bu Susi kalau ada bau di pasar ini ditenggelamkan saja Bu Susi. Mudah-mudahan pasar ini jadi contoh. Di mana interaksi, seringkali hilang dalam ekonomi, makin hari ekonomis tapi jarang ada komunikasi,” tuturnya.

Anies berharap dapat pembangunan pasar ikan dapat tepat waktu. “Mudah-mudahan pembangunan ini akan memenuhi minimal tiga yaitu on schedule, on quality, on budget,” jelasnya.

Sementara itu, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto Prabowo mengatakan pasar modern ikan yang dibangun merupan pertama di Indonesia. Pasar tersebut nantinya akan dijadikan percontohan bagi model pasar ikan lainnya.

“Pasar modern yang sedang dibangun adalah yang pertama yang dibangun pemerintah. Yang akan dijadikan percontohan di seluruh Indonesia,” jelas Nilanto.

Pasar ikan ini dibangun di atas lahan 22.444 meter persegi dengan target penyelesaian 27 Desember 2018. Terdapat total 900 lapak basah dan 155 kios bagi padagang untuk berjualan.

Nilanto berharap pasar ikan dapat membantu meningkatkan perkonomian nasional. “Kami harap dengan adanya pasar ikan ini perekonomian Indonesia dan Jakarta akan meningkat dam lebih baik,” sebut Nilanto.

(detik)

Leave a Reply