Siap Beroperasi, RPHU Rorotan Akan Tampung 47 Pelaku Usaha

RPHU Rorotan (foto/ist)

CILINCING – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta akan mengoperasikan rumah potong hewan unggas (RPHU) Rorotan, mulai Jumat (26/1/2018) mendatang. Nantinya, seluruh pedagang di Pasar Bebek Marunda, akan direlokasi ke RPHU yang terletak di Jl Rorotan V, RT 01/13, Rorotan, Cilincing, tersebut.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP, Sri Hartati mengatakan, pembangunan RPHU Rorotan dimulai sejak awal tahun 2017 dan rampung pada akhir Desember 2017 lalu. RPHU berdiri di atas lahan seluas 4.582 meter persegi.

“Di sana kita siapkan fasilitas penampungan dan tempat pemotongan bagi unggas. Rencana kita akan mulai operasikan Jumat ini,” kata Sri Hartati, Rabu, 24/1/2018.

Dengan pengoperasian RPHU, kata dia, nantinya seluruh pedagang tidak lagi boleh membuka usaha di Pasar Bebek Marunda, Jl Raya Marunda. Seluruh pedagang di lokasi itu diharuskan pindah ke RPHU.

“Total ada 47 pelaku usaha, terdiri dari pelaku usaha penampungan, pemotong dan pedagang makanan minuman di lokasi lama,” jelasnya

Walau belum memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dipastikannya untuk sementara waktu air limbah akan tertangani mobil kebersihan. Sedangkan pembangunan IPAL akan dilaksanakan tahun ini juga.

Sedangkan Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Junaedi menegaskan, pihaknya akan menginstruksikan jajaran UKPD terkait seperti Satpol PP dan Perhubungan untuk mendukung relokasi. Selain itu, pihak PT KBN selaku pemiliki lahan Pasar Bebek Marunda, dimintanya untuk menyiapkan transportasi bagi pedagang yang direlokasi.

“Setelah lahan dikosongkan saya tekankan agar KBN kami minta segera membangun taman biar tidak lagi diduduki,” tandasnya. (mtr/r)

Leave a Reply