Turap Saluran Sunter Ambrol, Warga: 10 Tahun Kami Nanti Perbaikan..

Sugeng tunjukan turap saluran yang ambrol. (dok)

SUNTER AGUNG Р Turap saluran penghubung di lingkungan RW 10 Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara sudah lebih dari 10 tahun ambrol tidak juga diperbaiki. Warga berharap turap tersebut segera mendapatkan penanganan serius dari instansi terkait agar tidak mengakibakan kerusakan yang semakin parah.

“Kami sering kali mengusulkan melalui musrenbang, sudah lebih sepuluh tahun kami tunggu namun tidak juga ada perbaikan. Sudah pernah di survai sudah pernah juga di foto-foto tetapi pembangunannya belum juga terlaksana,” ungkap Sugeng Marwanto, tokoh masyarakat RW 10 Sunter Agung, Jumat, 22/9/2017.

Ia menjelaskan saluran di Jalan Agung Barat 2 dan Jalan Agung Jaya 2 menghubungkan pada kali jalan C dan kali sentiong memiliki panjang 200-300 meter dengan lebar 6 meter. Saluran tersebut, kata dia, kotor, banyak sampah batang pohon dan tidak terawat. Selain itu pada sisi kali banyak digunakan lapak usaha sehingga lingkungannya semakin kumuh.

“Saya sudah pusing melihat lingkungan sendiri jadi kumuh. Makanya saya sangat berharap agar segera diperbaiki turap kami yang ambrol ini, kalau perlu di sheet pile. Jangan sampai kerusakannya melebar hingga permukaan tanah akan turun menutup saluran akibatnya tempat kami bisa banjir,” tandasnya.

M.Hasan, Ketua RT 03/10 Sunter Agung, membenarkan saluran di lingkungannya sudah banyak mengamai kerusakan, ambrol dan lainnya sehingga menjadi kumuh.

“Tentunya kami berharap agar pemda segera melakukan perbaikan. Kami yang tingga di sekitar saluran ini jadi kuatir bila kerusakan semakin lama bisa mengakibatkan jalan longsor menutup saluran. Tentunya bila turap saluran di perbaiki akan mengurangi kesan kumuh yang selama ini terjadi,” punkasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Jakarta Utara, Junaedi, kepada wartawan menegaskan secepatnya akan meminta Sudin Sumber Daya Air Jakarta Utara untuk segera memperbaiki tanggul turap yang ambrol tersebut. (jut/r)

Leave a Reply