1.500 Bibit Lele Ditebar di Saluran Marunda

1.500 Bibit Lele Ditebar di Saluran Marunda

Tebar bibit ikan lele.

MARUNDA – Saluran terbuka (Salter) sepanjang 204 meter di Jalan Marunda Baru tepatnya di depan Kantor Lurah Marunda, Cilincing, Jakarta Utara ditebari 1.500 bibit ikan lele jenis mutiara dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Utara.

“Penebaran bibit ikan lele di area salter sebagai gerakan dalam mengajak warga Marunda untuk tidak lagi membuang sampah di salter yang ada di wilayahnya masing-masing. Dengan adanya ikan lele di salter, warga bisa ikut menjaga dan merawat kebersihan saluran air,” jelas Hilda Damayanti, Lurah Marunda, Jumat, 13/4/2018.

Dengan itu, ia berharap, akan membangkitkan masyarakat Marunda semakin gemar makan ikan karena baik untuk pertumbuhan.

“Mudah-mudahan bibit ini bisa cepat berkembang sehingga saat bulan ramadhan bisa dinikmati, di panen bersama. Kedepannya, warga bisa ikut menggunakan salter dihalaman rumahnya untuk membudidayakan ikan. Dengan begitu, di wilayah Kelurahan Marunda tidak akan kekurangan ikan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan penebaran bibit ikan lele juga di warnai dengan senam pagi bersama, penyaluran 1.463 kartu JKN-KIS kepada masyarakat Marunda. Kemudian penanaman sayuran dengan sistem hidroponik.

“Kita juga kembangkan swadaya sayur dengan cara penanaman hidroponik di Kelurahan Marunda. Lokasinya yang berada disebelah perpustakaan kelurahan juga berfungsi sebagai pelengkap ruang belajar terbuka hijau,” terang Lurah. (ju/r)

Leave a Reply