Bacakan sambutan Mendikbut, Walikota: Pendidikan Harus Merata dan Berkualitas

Bacakan sambutan Mendikbut, Walikota: Pendidikan Harus Merata dan Berkualitas

Wahyu Haryadi (diatas podim) saat pimpin apel Hardiknas 2017.

PEMERINTAHAN – Walikota Jakarta Utara, Wahyu Haryadi, bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Halaman Plaza Barat, Kantor Walikota, Selasa (2/5/2017). Pada kesempatan itu, walikota membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbut) RI, Muhadjir Effendi, dengan tema Percepat Pendidikan Yang Merata dan Berkualitas.

“Gagasan dan pemikiran Ki Hadjar Dewantara tetap relevan dan menjadi acuan bagi pembangunan pendidikan nasional di Indonesia. Masa depan Indonesia sangat ditentukan oleh generasi peserta didik masa kini yang memiliki karakter atau budi pekerti yang kuat serta menguasai berbagai bidang keterampilan,” jelas Wahyu dihadapan ratusan peserta apel Hardiknas.

Dikatakannya, hanya dengan karakter yang kuat dan kemampuan berdaya saing tinggi maka peserta didik masa kini akan sanggup membawa bangsa Indonesia berdiri dengan tegak. Pendidikan yang berkualitas akan mampu bersaing diantara bangsa-bangsa maju lainnya, di masa mendatang.

Untuk tujuan itu, kata dia, sekarang tengah diupayakan penyelarasan, penyatuan dan pembauran bidang kebudayaan dengan pendidikan. Begitu juga dalam pemanfaatan sumber-sumber belajar yang ada di kelas, dilingkungan sekolah ataupun diluar sekolah sehingga proses pembelajarannya terbuka dan leluasa.

“Reformasi pendidikan nasional merupakan proses jangka panjang yang perlu dilaksanakan secara sistematis, prosedural dan bertahap. Disamping itu perlunya dukungan dari partisipasi konstruktif semua jajaran pelaksana pendidikan, pemangku kepentingan pendidikan bahkan bangsa Indonesia,” tuturnya.

Dihadapan para para guru dan pegawai serta pejabat teras walikota Jakarta Utara termasuk ormas dan FKDM, ia berharap pembentukan karakter anak didik menjadi dasar prioritas pendidikan.

“Pembentukan karakter harus dimulai dan menjadi dasar prioritas pada jenjang pendidikan dasar. Kemudian untuk jenjang pendidikan lebih lanjut harus kondusif bagi peserta didik dalam mengaktualisasi profesi dirinya dengan semaksimal mungkin,” demikian Wahyu Haryadi. (jay/r)

Leave a Reply