Bank Sampah Pademangan Barat Gunakan Aplikasi Multi Fungsi

Bank Sampah Pademangan Barat Gunakan Aplikasi Multi Fungsi

Camat Pademangan resmikan Bangsamara. (dok)

PADEMANGAN BARAT – Bank sampah warga RW 02 Kelurahan Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara, diresmikan. Bank sampah yang dinamakan Bangsamara (bank pengelolaan sampah anorganik masyarakat sejahtera) ini mengkhususkan pengumpulan sampah jenis anorganik.

Camat Pademangan, Mumu Mujtahid mengatakan, keberadaan Bangsamara sebagai upaya membangun kesadaran warga dalam menjaga kebersihan melalui pemanfaatan nilai ekonomis sampah. Selama ini sampah-sampah anorganik masih kerap ditemui dan memicu penyumbatan saluran.

“Sebagai jalan agar lebih peduli ke lingkungan dengan ada insentif yang didapat dari usaha mengumpulkan sampah anorganik,” katanya, Senin, 14/5/2018.

Diakui Mumu, wilayah Pademangan wilayah didominasi permukiman padat. Karena itu pihaknya berharap warga benar-benar serius melakukan pengumpulan sampah dan memanfaatkan Bangsamara agar lingkungan mereka benar-benar bebas dari sampah.

“Target kita mengurangi volume sampah ke Bantar Gebang. Minimal mendelay kiriman ke Bantar Gebang,” tegasnya.

Sementara Lurah Pademangan Barat, Dini Paramitha Sapaty mengatakan, pengelolaan bank sampah menggunakan aplikasi sistem tabungan Bangsamara. Sehingga seluruh nasabah dan setorannya akan tercatat secara akurat.

Selain pengambilan tunai, nantinya nasabah bisa menggunakan tabungan mereka untuk berbagai keperluan seperti membayar tagihan listrik, pulsa seluler, penyedotan WC dan iuran BPJS Kesehatan.

“Setiap habis menyetor mereka akan menerima SMS data setoran dan total tabungannya. Mudah-mudahan bisa meningkatkan kesejahteraan warga,” tandasnya. (kom/r)

Leave a Reply