Bocil Warakas Warnai Lingkungan Sambut Asian Games dan HUT RI

Bocil Warakas Warnai Lingkungan Sambut Asian Games dan HUT RI

Para Bocil Warakas pecinta kebersihan dan keindahan lingkungan. (dok)

WARAKAS – Perilaku hidup bersih, disiplin dan kreatif sejak usia dini tumbuh subur dalam diri anak-anak ini. Mereka yang menamakan diri komunitas Bocah Cilik (Bocil) Warakas dibawah binaan Thelda Pangandaheng juga sebagai Ketua RT 05/9 Kelurahan Warakas, kiprahnya tidak diragunakan lagi.

Berbagai panggung anak-anak telah mereka lalui mulai dari pertunjukan pentas sebuah event, mengikuti perlombaan- perlombaan hingga sederet prestasi dan penghargaan. Dilingkungannya anak-anak ini menjadi brand kebanggaan masyarakat setempat dan kerap mendapat undangan untuk mengisi acara formal di pemerintahan maupun swasta.

Kemarin (29/7/2018) puluhan Bocil melakukan aksi lapangan, bukan untuk demonstrasi tetapi melakukan ‘aksi ceria’ melukis dan mengecat jalan lingkungannya di Jalan Warakas V Gang 6, Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Difasilitasi koas, wadah cat, dan cat warna-warni mereka secara beramai-ramai mengecat jalan sepanjang lebih kurang 300 meter dengan pola yang telah diterapkan.

Semangat yang mereka bangun, kerja bersama yang mereka lakukan dengan kompak dan ceria mampu memotivasi dan menginspirasi kaum muda, orang tua bahkan lansia turut ambil bagian aksi Bocil Warakas di lingkungan tersebut.

Bocil Warakas Warnai Lingkungan Sambut Asian Games dan HUT RI

Aksi lukis jalan lingkungan ‘ceria’ para Bocil Warakas, sementara dikerjakan. (dok)

Hingga pada akhirnya, lingkungan Bocil penuh warna baik melalui lukisan mural untuk menyambut Asian Games, HUT Kemerdekaan RI ke-73. Dan, yang terpenting baginya menambah suasana indah, nyaman serta rukun sehingga tercipta kekompakan bagi masyarakat setempat.

Bukan kali ini saja aksi para Bocil usai PAUD, TK dan setingkat SD yang kerap menggemaskan tersebut. Sebelumnya mereka juga mampu mengundang perhatian publik Warakas dan sekitarnya saat melakukan kompoi pawai obor Asian Games 2018, baru-baru ini.

Menurut Telly, sapaan akrab Thelda Pangandaheng Ketua RT 05 RW 9 Warakas, Bocil binaanya telah mampu mengharumkan nama baik lingkungan dan kebanggan orang tua.

“Mereka ini anak-anak berbakat yang mampu berbuat sesuatu dengan semangat dan selalu disiplin. Mereka bila sudah mempunyai kemauan berbuat begitu semangat kadang tak terpikir oleh mereka minta minum atau makan. Meski begitu kami orang tua tetap mengawasi dan mendampingi,” kata Telly, Senin, 30/7/2018.

Wanita asal Sulawesi Utara yang pekerja sosial untuk mengabdi dan mengangkat nama baik lingkungan dan masyarakatnya itu, mengaku anak – anak binaanya membanggakan.

“Melalui pembinaan lingkungan meraka menjadi terbiasa kerja kelompok, disiplin dan mencintai sesama mahluk. Bocil adalah rumah mereka untuk mengeksperesikan keterampilan dan bakat yang timbul dalam dirinya maupun yang didapat dari sekolah,” jelasnya.

Bocil Warakas Warnai Lingkungan Sambut Asian Games dan HUT RI

Thelda Pangandaheng.

Diharapkan aksi Bocil Warakas yang kerap naik panggung dan menjadi buah bibir itu dapat memotivasi anak-anak dilingkungan lainnya, di nusantara.

Sementara itu, masyarakat RT 5/9 Warakas dalam rangka menyambut Asian Games 2018 memberikan support-nya dengan mengangkat slogan “Kami bangga Indonesia menjadi tuan rumah. Asian Games…siapa kita….Indonesia….menang..menang”.

Bocil dan warga RT 05/9 Warakas saat ini bahu-membahu dalam proses penilaian berbagai perlombaan diantaranya lomba peduli lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup. Selain itu turut  menjadi peserta lomba lukisan mural kampung clinton (cleen, tertib dan menonjol) dari komunitas pecinta lingkungan serta lomba hias gapura dari perusahaan produk cat nippon paint. (jut/r)

Leave a Reply