Bunda PAUD DKI Fery Farhati: Pendekatan Montessori Memberikan Pengetahuan Holistik

Bunda PAUD DKI Fery Farhati: Pendekatan Montessori Memberikan Pengetahuan Holistik

Fery Farhati bimbing kreativitas anak. (dok/kom)

SUNTER AGUNG – Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati mengatakan, akses pendidikan terbaik sangat dibutuhkan bagi anak-anak yang masuk dalam usia emas. Memberikan kesempatan yang sama kepada anak-anak usia dini untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas menjadi tanggung jawab bersama.

“Semakin banyak kita mempelajari pendekatan pembelajaran, semakin mudah bagi para guru PAUD untuk menentukan pendekatan mana yang paling sesuai untuk anak-anak,” tutur Fery saat meninjau cara pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Montessori di Kiddie Planet School, Sunter Agung, Tanjung Priok, seperti di sampikan Sudin Kominfo Jakarta Utara, Selasa (13/3/2018).

Istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada kesempatan itu membawa 20 perwakilan dari Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) dan Bunda PAUD di wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu.

Tujuannya untuk melihat secara langsung proses belajar mengajar dengan cara pendekatan Montessori yang dinilai cukup efektif dalam perkembangan anak.

“Kita datang kesini untuk melihat cara belajar anak-anak PAUD dengan pendekatan Montessori yang menerapkan cara berbeda pada masing-masing anak dan memberikan pengetahuan holistik pada anak tentang keseharian, banyak pendekatan yang dapat diterapkan untuk anak usia dini,” jelasnya.

Ia mengharapkan terjadinya kolaborasi antara sekolah PAUD terkait penerapan pendekatan yang tepat untuk anak usia dini. “Pendidikan adalah hak-hak anak. Sedangkan untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas itu adalah tanggung jawab kita bersama,” tegas Bunda PAUD DKI Jakarta.

Sementara itu, Humas HIMPAUDI Provinsi DKI Jakarta, Daisy Yospita menerangkan, selama ini HIMPAUDI terus memberikan pendampingan dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan guru-guru dalam mengajar, salah satunya dengan kunjungan ke PAUD yang memiliki pendekatan belajar berbeda.

“Setelah melakukan kunjungan ini, kami akan mengajak guru-guru PAUD di wilayah Jakarta untuk lebih giat mendalami dan mempraktikan pendekatan pembelajaran tersebut untuk anak didik kami,” terang dia.

Mengutip wikipedia.org metode montessori adalah suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasar pada teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dari Italia di akhir abad 19 dan awal abad 20. Metode ini diterapkan terutama di pra-sekolah dan sekolah dasar, walaupun ada juga penerapannya sampai jenjang pendidikan menengah.

Sedangkan holistik adalah sebuah cara pandang terhadap sesuatu yang dilakukan dengan konsep pengakuan bahwa hal keseluruhan adalah sebuah kesatuan yang lebih penting daripada bagian-bagian yang membentuknya. (kom/r)

Leave a Reply