DPRD DKI: Bahtera Jaya dan Muara Angke Akan Dijadikan Obyek Wisata

Syarifuddin (kiri) saat menijau Bantera Jaya. (dok/bj)

PADEMANGAN – Panitia Khusus (Pansus) Penataan Kawasan Muara Angke, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta melakukan peninjauan ke Pelabuhan Bahtera Jaya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Ketua Pansus Penataan Kawasan Muara Angke DPRD DKI Jakarta, Ferrial Sofyan mengatakan, peninjauan ini dilakukan untuk mengoptimalkan Pelabuhan Bahtera Jaya yang tercatat sebagai aset milik Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) DKI Jakarta.

“Kita melihat potensi di sini untuk dijadikan pelabuhan seperti apa. Apakah pelabuhan pariwisata, pelabuhan ikan, atau pelabuhan barang,” ujarnya di lokasi, Bahtera Jaya, Rabu (2/8/2017).

Dikatakan Ferrial, berdasarkan peninjauan hari ini, Pelabuhan Bahtera Jaya yang saat ini masih difungsikan untuk latihan atlet olahraga air cukup ideal untuk dijadikan pelabuhan pariwisata sebagai akses menuju Kepulauan Seribu.

“Karena tujuan kita satu agar bagaimana optimalisasi pelabuhan tersebut bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” katanya.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Andri Yansyah menyambut baik optimalisasi aset yang akan dilakukan Tim Pansus DPRD DKI.

“Ini sangat baik sekali karena memang kita ingin memanfaatkan secara optimal Pelabuhan Bahtera Jaya agar tidak hanya digunakan untuk latihan atlet,” ucapnya.

Sebelumnya, Syarifuddin, Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta mengatakan obyek wisata di Jakarta Utara akan di genjot baik melaui sektor pelabuhan, olahraga dan pariwisata. Menurutnya, Jakarta Utara yang mempunyai program 12 destinasi wisata pesisir yang perlu dikembangkan.

“Kami akan melakukan penataan baik di Bahtera Jaya maupun pelabuhan Muara Angke, termasuk transportasi menuju kepulauan seribu. 13 sungai yang ada di Jakarta Utara harus benar-benar dapat dioptimalkan sehingga menjadi daya tarik pariwisata maupun wisatawan,” katanya.

“Contoh di dermaga Muara Angke setiap akhir pekan sangat ramai dikunjungi wisatawan menuju pulau seribu. Kami bersama Pemprov DKI sedang merancang jembatang penyeberangan dari Muara Angke menuju pulau seribu, kami meyakini program ini akan membawa dampak yang sangat positif,” tandas Sarifuddin dalam satu pertemuan dengan Walikota Jakarta Utara Husein Murad. (jay/bj/r)

Leave a Reply