Gubernur Imbau Warga Waspadai Banjir Kiriman

Gubernur Imbau Warga Waspadai Banjir Kiriman

Anies Baswedan

BALAI KOTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau warga, terutama yang berada di bantaran Kali Ciliwung untuk mewaspadai banjir kiriman. Pasalnya, kondisi muka air di Bendung Katulampa Bogor bertatus Siaga I.

Dikatakan Anies, dirinya telah berkomunikasi langsung dengan Wali Kota Bogor, Jawa Barat, Bima Arya untuk mengetahui langsung perkembangan terakhir.

“Ketinggian air sudah mencapai 240 sentimeter. Status Siaga I kami terima pukul 08.30 WIB, diperkirakan banjir kiriman masuk Jakarta sekitar 9 jam kemudian,” ujar Anies, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (5/2).

Dijelaskannya, untuk ketinggian permukaan laut di Pantai Marina, Jakarta Utara berada pada ketinggian 184 sentimeter. Sedangkan, untuk seluruh pintu air saat ini sudah dibuka dalam kondisi maksimal.

“Saya sudah menginstruksikan seluruh SKPD dan UKPD terkait untuk menyiapkan langkah antisipatif. Warga tidak perlu panik,” terangnya.

Anies menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sudah menyiapkan 450 pompa, baik pompa stationer maupun pompa mobile yang akan dikerahkan ke lokasi-lokasi rawan genangan.

“Pompa mobile diantaranya akan disiagakan di Cililitan, Bukit Duri, Bidaracina, Kampung Melayu, dan Cawang,” tandasnya.

(bj/r)

Leave a Reply