Koarmada I Gelar Latihan Gladi Tugas Tempur Tingkat III Terpadu

Koarmada I Gelar Latihan Gladi Tugas Tempur Tingkat III TerpaduTANJUNG PRIOK – Komando Armada I (Koarmada) menggelar Latihan Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Terpadu Tahun 2018, di Perairan Kepulauan Riau Dabo Singkep dari mulai 30 Juli 2018 sampai dengan 6 Agustus 2018.

Latihan Glagaspur Tingkat III-3 Terpadu Tahun 2018 dibuka oleh Panglima Komando Armada I dan diawali dengan Upacara Pengantaran Satuan Latihan Glagaspur pada hari Senin tanggal 30 JUN 2018 di Dermaga JICT ll Tanjung Priok Jakarta Utara.

Pangkoarmada I Selaku Pimpinan Umum Latihan dibantu Perwira Pimpinan Latihan (Papelat) yaitu Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto yang sehari-han’ menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Amfnbi Armada l (Dansatflb Koarmada l ).

Pangkoarmada I Laksmana Muda TNI AL Yudo Margono SE MM dalam sambutannya menyatakan, latihan Glagaspur Tingkat IIIIL3 Terpadu Tahun 2018 bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personal dan alutsista Koarmada l serta mengukur kemampuan satuan tugas Koarmada I dalam mendukung Tugas TN| Angkatan Laut.
“Melatih kemampuan penyiapan Operasi Iaut dan Operasi Amflbi guna menghadapi dan mengagalkan penguasaan wilayah NKRI oleh pihak musuh dan kemungkinan kelompok 9M separatis bersenjata yang telah diagitasi oleh pihak musuh tersebut serta melatih kemampuan komando, kendali dan komunikasi dengan seluruh unsur maupun satuan ’ terkait Latihan Glagaspur Tk.|ll Terpadu Koarmada I TA. 2018,” ujarnya.

Selain itu, untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit unsur-unsur Koarmada l guna mendukung kesiapan pelaksanaan sesuai fungsi asasi masmgmasing. Dengan begitu. para prajurit dapat melaksanakan tugas utamanya serta dapat meningkatkan kerja sama taktis antar unsur-unsur Koarmada I dalam melaksanakan aksi tempur Iaut.

Lanjut Pangkoarmada I, Pelaksanaan Glagaspur Tingkat IIIIL3 Terpadu Tahun 2018 digelar dari’ tanggal 30 Juli hingga 6 Agustus 2018, Latihan ini dibagi dalam tiga tahap yakni, tahap perencanaan dan persiapan di pangkalan berupa Latihan Pos Komando (Latposko), tahap manuver lapangan (Manlap) serta tahap pengakhiran.

Latihan Glagaspur Tingkat lll/L3 Terpadu Tahun 2018 melibatkan kekuatan 15 Unsur KRI, 2 Pesawat Udara serta Pasukan Marinir yang terdiri dari, 1(satu) KRI jenis Multi Role Light Freegat (MLRF) KRI Bung Tomo -357.

2 (dua)KRI jenis Perusak Kawal (pK) parchim class yaitu KRI Wirartno.379 dan KRI Sultan Thaha Syaifudin-376,

3(tiga) KRI Jenis Angkut Tank F rosch (ATF) yaitu, Teluk Celukan Bawang -532. KRI Teluk Sibolga-536 dan KRI Teluk Sabang-544, 2 (dua) KRI Jenis Kapal Cepat Rudal (KCR 40) yaitu, KRI Kujang -642 dan KRI Alamang -644.
4(empat) jenis Kapal Patroli yaitu, KRI Sikuda-863, KRI Sigurot-864, KRI Silea-858 dan KRI Lepu-861, 1 (satu) KRI Jenis Bantu Tunda Samudra (BTD) yakni, KRI Leuser -924, 2 (dua) KRI jenis Penyapu Ranjau (PR) yaitu, KRI Pulau Rangsang -727 dan KRI Pulau Rusa-726 dan 2 (dua) unsur pesawat udara yang terdiri dari Pesud Cassa-6205 dan pesawat Helly BO -105. Sementara dari Pasukan Marinir (Pasmar 1) menggelar kekuatan diantara nya yaitu, 2 (dua) SSK Pasukan Pendarat (Pasrat), 3 (tiga) Tank BMP-3F serta 7 Pansam BTR-50M.

Sementara itu, materi latihan yang akan dikembangkan dalam Latihan Glagaspur Tk III Terpadu Koarmada I TA 2018 merupakan Tahap perencanaan Latihan, Tahap Embarkasi, Tahap Latihan Umum (Latum), Tahap menuju sasaran (GMS), Tahap serbuan serta tahap pengakhiran latihan dan latihan melibatkan personel sejumlah 1065 orang, kata Yudo.

Masih menurut Yudo, selama tahapvgerakan menuju sasaran, Unsur KRI yang tergabung dalam satuan Tugas Laut (Satgasla) akan melaksanakan beberapa latihan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan profesionalisme prajurit diantaranya, yaitu Latihan Melewati Medan Ranjau, Latihan Manuver Taktis, Latihan Prosuder Komunikasi, Latihan Penyelamatan Kapal dan Nubika, Latihan Penembakan Meriam, paparnya lagi.

Ditegaskan, Yudo, latihan puncak dilaksanakan saat konvoi tiba di Daerah Serbuan Amfibi yakni, dengan melaksanakan pendaratan Amfibi di pantai Todak Dabo Singkep dengan mendaratkan 2 SSK Pasukan pendarat dan Pasmar1 dengan menggunakan 3 Tank BMP -3F dan 7Pansam BTR -5M.

Selain kegiatan latiha, juga akan dilaksanakan Kirab Alutsista TNI AL , bakti sosial yang dilaksanakan oleh Dinas Potensi Maritim Koarmada I serta panggung prajurit bagi masyarakat sekitar. (benny p silalahi)

Leave a Reply