Layani Barang dan Jasa, MTI & EDII terapkan System E-Procurement

Layani Barang dan Jasa, MTI & EDII terapkan System E-Procurement

Iwan Kurniawan (kanan). (dok)

PELABUHAN (TANJUNG PRIOK) – PT Elektronik Data Interchane Indonesia (EDII) salah satu anak perusahaan Pelabuhan Indonesia II yang tergabung dalam IPC Group menjalin sinergi dengan PT Multi Terminal Indonesia (MTI). Kedua PT tersebut terapkan System E-Procurement untuk mempermudah perencanaan pengadaan barang dan jasa di kawasan pelabuhan.

“Dengan System E-Procurement ini maka setiap Divisi atau Cabang/Unit yang memiliki kepentingan dalam hal permintaan atau perencanaan pengadaan barang dan jasa bisa memonitor. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana proses pengadaan barang dan jasa telah berjalan dan kapan selesai prosesnya,” kata Iwan Kurniawan, Senior Vice Presiden PT MTI, kepada wartawan, Senin, 16/4/2018.

Menurutnya, vendor nantinya bisa mengetahui perjalanan proses administrasi sejak pengumuman sampai penyelesaian pekerjaan.

“Bahwa dengan diterapkannya system E-Procurement ini akan memudahkan perusahaan untuk lebih efesien dalam proses pengadaan barang dan jasa sekaligus lebih transparan,” jelasnya.

Perencanaan pengadaan barang atau jasa dari User, kata Iwan, seperti biasa harus memenuhi kelengkapan dokument seperti pengajuan nota dinas persetujuan ke direktur terkait, membuat RAB, dan KAK.

Sementara itu Divisi Pengadaan sebagai pelaksana akan menindaklanjuti proses permintaan itu dan akan diteruskan ke vendor yang sudah terdaftar atau terseleksi di system ini sebagai penyedia barang atau jasa.

“Kami sudah meminta para vendor untuk memasukan data-data/upload kelengkapan dokumen yg dipersyaratkan untuk dimasukkan kedalam system. Selanjutnya akan kami verifikasi kebenaran dan keabsahannya sesuai dengan ketentuan pada SK Pengadaan,” terang dia. (benny ps/r)

Leave a Reply