Pekan Panutan PBB, Walikota: Perolehan Pajak Capai Rp 1,2 T atau 55 Persen

Pekan Panutan PBB, Walikota: Perolehan Pajak Capai Rp 1,2 T atau 55 Persen

Kegiatan pekan panutan PBB-P2 di balai Yos Sudarso di Komplek Kantor Walikota Jakut. (dok)

PEMERINTAHAN, JAKUTNEWS – Guna mengoptimalkan perolehan pajak daerah khususnya  Pajak Bumi dan Bangunan Kategori Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tahun 2018. Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu mengadakan kegiatan pekan panutan PBB-P2 dengan mengundang sekitar 177 wajib pajak perorangan dan badan usaha di Balai Yos Sudarso, Kantor Walikota Jakarta Utara, Selasa (4/9/2018).

“Target penerimaan PBB-P2 Tahun 2018 di wilayah Jakarta Utara mencapai Rp 2,19 Trilyun atau 25 % dari target Pemprov DKI Jakarta Rp 8,5 Trilyun. Tahun ini, target perolehan pajak di Jakarta Utara mengalami peningkatan sebesar Rp 244 Milyar dibandingkan tahun 2017. Terhitung sampai 31 Agustus 2018, perolehan pajak PBB-P2 di Jakarta Utara baru mencapai Rp 1,2 Trilyun atau 55 % dari target yang ditentukan,” jelas Syamsuddin Lologau, Walikota Jakarta Utara saat membuka kegiatan pekan panutan PBB-P2.

Menurutnya, PBB-P2 sebagai salah satu sumber penerimaan daerah yang mampu memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalam pembangunan yang mengarah ke masyarakat.

“Selain pembangunan fisik, penerimaan pajak daerah juga digunakan untuk jaminan sosial di bidang kesehatan dan pendidikan sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” sambung dia.

Karenanya ia berharap untuk pencapaian target PBB-P2 perlu adanya kordinasi dan kolaborasi untuk merealisasikan targey yang diharapkan terutama pada wajib pajak.

“Harus ada rasa keteladanan untuk menunaikan kewajiban membayar pajak bumi dan bangunan. Saya himbau kepada semua wajib pajak di Jakarta Utara untuk segera membayar pajak sebelum batas jatuh tempo pada 14 September 2018,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Carto menegaskan, pajak yang dibayarkan akan dikembalikan sepenuhnya kepada masyarakat.

“Pekan panutan sebagai salah satu kegiatan yang strategis dalam mengoptimalkan penerimaan pajak daerah. Pembayaran pajak yang dilakukan hari ini sebagai bentuk dukungan dan kerjasama dari para wajib pajak dalam pemenuhan pajak,” ungkapnya.

Di Jakarta Utara, kata dia, terdapat 1.700 wajib pajak potensial. “Sebanyak 356 ribu Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) sudah diberikan ke wajib pajak di wilayah Jakarta Utara. Kita harapkan melalui kegiatan pekan panutan PBB-P2 yang diadakan hari ini dapat terkumpul sekitar Rp 426 Milyar,” harap Carto. (jai/r)

Leave a Reply