Puluhan Pohon di Jalan Warakas Raya Terancam Musnah

pohon-warakas-raya

Nasib pohon warakas raya

WARAKAS – Puluhan pohon cukup rindang di jalur hijau di Jalan Warakas Raya, Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara terancam musnah keberadaanya, termasuk taman.

Pohon yang disinyalir berusia sepuluhan tahun itu akan hilang sehubungan adanya proyek pembangunan peningkatan saluran dengan menggunakan sheet pile.

Pantauan jakutnewscom sebagian pohon sudah ditebang yang berada pada jalan Warakas Raya dengan panjang lebih dari 500 meter. Penebangan dikabarkan oleh petugas PPSU kelurahan setempat.

Jika mengacu Peraturan Daerah No.11/1988, penebangan pohon yang berdiameter 10 cm ke atas harus mendapatkan izin dari dinas pertamanan DKI.

Padahal menebang pohon di DKI Jakarta bukan perkara yang mudah. Hal ini dapat dilihat dalam ketentuan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum dalam satu pasalnya menyebutkan;

Setiap orang atau badan dilarang melakukan perbuatan atau tindakan dengan alasan apapun yang dapat merusak pagar, jalur hijau, atau taman, beserta kelengkapannya.

Selain itu, dilarang menyalahgunakan atau mengalihkan fungsi jalur hijau maupun taman. Dan dilarang memotong, menebang pohon atau tanaman yang tumbuh di sepanjang jalan, jalur hijau dan taman.

Dengan demikian memotong, menebang pohon atau tanaman yang tumbuh di sepanjang jalan, jalur hijau dan taman harus mendapatkan persetujuan dari Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pertamanan dan Pemakaman.

Hal penebangan pohon dilakukan tanpa izin, maka Pemprov DKI Jakarta akan memberikan sanksi penjara 30 hari hingga 6 (enam) bulan atau denda sebesar Rp.5 juta hingga Rp 50 juta.

Menanggapi itu Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Utara, Romi, mengatakan pohon yang terkena proyek SKPD pihaknya sudah melaporkan pada Dinas terkait.

“Bukan saja pohon di jalan Warakas Raya di tempat lainnya pun sudah kami laporkan dan di rapatkan pada Dinas,” kata Romi, Senin, 3/10/2016.

Namun ketika ditanya tentang kompensasi atau penganti puluhan pohon yang ditebang sesuai dengan aturan yang berlaku, Sudin belum mau menjawab.

Sementara itu, Lurah Warakas Sri Suhartini mengaku pihaknya tidak turut serta dalam penanganan puluhan pohon dan taman di Jalan Warakas Raya.

“Jumlahnya yang sudah di potong saya juga tidak tahu ada berapa. Itu bukan wewenang saya melaikan Sudin Pertamanan dan pihak kontraktor pekerjaan sheet pile,” ucapnya.

“Tidak semua pohon di tebang, sampai lingkungan RW 07 saja,” tambahnya bergegas. (jut/r)

Leave a Reply