Resmikan Anjungan Utama Pushidrosal, KSAL Apresiasi Peran Media

ANCOL  – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi meresmikan anjungan utama Pusat Hidro-Oseanografi Laut (Pushidrosal) di Kantor Pushidrosal berlokasi di Jalan Pantai Kuta V, Ancol, Jakarta Utara, Kamis, 18/1/2018. Pada kesempatan itu KSAL memberikan apresiasi kepada media dan insan pers nasional.

“TNI Angkatan Laut sangat menyadari pentingnya sinergitas dengan insan media (elektronik, cetak maupun online). Era ini media begitu cepat informasinya kepada masyarakat,” kata Ade Supandi.

Disela-sela mengisi sambutannya Ade sempat bercerita kejadian yang sempat membuatnya terkejut.

“Saya pernah gara-gara tampil di TV One. Suatu saya berada di tepi jalan kebetulan daerah Solo kemudian ada pengendara motor berenti saya pikir mau pesan sate, ternyata gak. (Dia tanya) Ini Pak Kasal ya? (saya jawab) Iya.. terus dia bilang mau foto (bareng) saja,” kisanya.

Pada kesempatan itu, Ade mengapresiasi berupa penghargaan kepada insan media melalui penilaian yang telah dilakukan oleh Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal). Sejumlah media nasional dan personil pers mendapat penghargaan.

Bukan hanya itu, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi juga memberikan doorprize sebanyak 10 unit sepeda gunung dan kuisioner berhadiah.

Seblumnya, Kepala Pushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro mengatakan bahwa anjungan utama yang baru diresmikan ini menjadi simbol Pushidrosal sebagai lembaga yang bertanggung jawab soal pemetaan laut Indonesia.

“Anjungan utama ini sekaligus melengkapi kebutuhan internal Pushidrosal. Hidro oseanografi tak sebatas pemetaan laut demi keamanan pelayaran, melainkan menjadi gerbang ekonomi Indonesia dan sebagai ujung tombak pertahanan laut Indonesia,” ujar Harjo.

Saat ini, kata Harjo, Pushidrosal tengah mensurvei pemetaan dasar laut Indonesia yang akan berguna untuk kepentingan militer dan pelayaran.

Sekilas Pushidrosal
Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut disebut Pushidrosal adalah Kotama Pembinaan TNI Angkatan Laut yang berkedudukan langsung di bawah Kasal.

Tugas
Pushidrosal bertugas membantu Kasal dalam menyelenggarakan pembinaan hidro-oseanografi (hidros), meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran, baik untuk kepentingan TNI maupun untuk kepentingan umum, dan menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

Fungsi
Dalam rangka pelaksanaan tugas tersebut pada pasal 3, Pushidrosal mempunyai fungsi-fungsi, sebagai berikut:
a. menjalankan fungsi militer, sebagai penyedia data hidro-oseanografi dalam pembuatan peta militer aspek laut untuk mendukung operasi dan latihan serta pembangunan fasilitas pangkalan;
b. melaksanakan fungsi pelayanan umum, sebagai penyedia resmi (official) Peta Laut Indonesia dan Publikasi Nautika untuk mendukung keselamatan dan keamanan pelayaran sesuai Konvensi SOLAS tahun 1974 di Wilayah Perairan dan Yurisdiksi Indonesia;
c. melaksanakan fungsi penerapan lingkungan laut, sebagai penyedia data hidros untuk mendukung pembangunan nasional bidang maritim; dan
d. menjalankan fungsi diplomasi internasional, sebagai wakil pemerintah Republik Indonesia dibidang hidrografi dan sebagai anggota Tim Teknis Delegasi Republik Indonesia pada diplomasi batas maritim.

(jut/r)

Leave a Reply