Simulasi Kebakaran di Pademangan: Walikota Jakut Ajak Warga Makan Bareng

Simulasi Kebakaran di Pademangan: Walikota Jakut Ajak Warga Makan Bareng

Walikota siap santap hidangan di dapur umum gabungan PMI. (dok)

PADEMANGAN – Palang Merah Indonesia Jakarta Utara, bersama American Red Cross, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar simulasi bencana kebakaran di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Gunung Sahari, Jalan Budi Mulya Utara, RW 13, Kelurahan Pademangan Barat, Jakarta Utara.

Dalam simulasi di peragakan kebakaran yang terjadi di Rw 13 Rt 002 dengan menerjunkan dua kendaraan mobil pemadam dari Suku Dinas (Sudin ) Penanggulangan Kebakaran Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara. Selain itu petugas juga menyampaikan cara memadamkan api dan teknik evakuasi korban kebakaran.

Kegiatan tersebut dirangkai dalam rangka memperingati Hari Kesiap Siagaan Bencana Nasional. Dalam simulasi itu, bersamaan dibukanya dapur umum dengan melibatkan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) sukarelawan dari PMI Jakarta Utara dan Puskemas kecamatan Pademangan serta masyarakat setempat.

Didapur umum itu, Walikota Jakarta Utara Husein Murad mengajak masyarakat sekitar yang notabenenya korban kebakaran beberapa waktu lalu, di ajak makan bersama.

“Bapak ibu kan habis latihan simulasi pastinya perut lapar, kita makan bareng biar lebih sedap.” ajak Husein Murad.

Sebelumnya, ia mengatakan Hari Kesiap Siagaan Bencana Nasional dilaksanakan secara serentak di seluruh indonesia dalam mempersiapkan diri sejak dini jika terjadi kebakaran, banjir, dan bencana lainya.

“Kita tidak berharap terjadi bencana, tapi bila terjadi harus ada protap dan tatacaranya, bagaimana kesiap siagaan, jika terjadi bencana, kita harus siap. Bencana bisa kapan saja datang, bisa malam hari, subuh, mahgrib, atau pada saat tidak di rumah bahkan jam berapa kejadianya pun kita tidak tahu.”

“Untuk itu kita harus siap siaga, ikuti, ambil pelajarannya apa yang sudah dilakukan dalam pelatihani itu,” jelasnya.

Husein beraharap RTH Taman Gunung Sahari sebagai titik kumpul dan evakuasi agar di jaga dan di rawat.

“Tempat seperti ini akan sangat memudahkan petugas dan warga untuk menyelamatkan diri,” tandas Husein.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang bencana PMI Jakarta Utara Dwi Haryanto, menambahkan , ada tiga kelurahan binaan PMI jakarta Utara yakni Kelurahan Penjaringan RW 04 dan RW 05, kelurahan Ancol RW 01 dan RW 02 serta kelurahan Pademangan Barat RW 013 dalam Program Pengurangan Resiko Bencana – Adaptasi Perubahan Iklim (PBR-API ) dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

“Dalam kegiatan simulasi ini kami melibatkan sekitar 300 orang. Kami juga membuka dapur umum, latihan pemadaman dan menolong korban serta penanganan lainnya,” jelas dia.

Sementara ketua RW 13 Susilo, mengucapkan terimakasih kepada Walikota dan seluruh UKPD dan SKPD, PMI maupun element masyarakat yang telah menyelenggarakan dan mensukseskan kegiatan ini yang sangat bermanfaat bagi masyarakat pademangan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Jakarta Utara, Husein murad, Camat Pademangan Mumu Mujtahid, lurah Ancol Sumpeno, Lurah Pademangan Timur Kristina, Lurah Pademangan Barat Dini.

Hadir pula BNPB, BPBD Provinsi DKI Jakarta serta perwakilan dari Lantamal, Dandim, Polsek, dan para tokoh masyarakat. (mtr/r)

Leave a Reply