Sunter Agung Usulkan 317 Kegiatan Rp 93,5 M, Lurah: Antusias Warga Tinggi

Sunter Agung Usulkan 317 Kegiatan Rp 93,5 M, Lurah: Antusias Warga Tinggi

Musrenbang Kelurahan Sunter Agung. (dok/mtr)

SUNTER AGUNG – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara memiliki global usulan kegiatan sebanyak 317 dari 20 RW di wilayah tersebut, dengan nilai Rp 93, 5 miliar. Usulan kegiatan masih didominasi pembangunan infrastruktur seperti jalan dan saluran.

“Saya bersyukur antusiasme warga demikian tinggi untuk mengikuti kegiatan Musrenbang. Sebelum dilaksanakan kegiatan musrenbang ini terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan Rembuk RW dengan jumlah usulan sebanyak 313 usulan,” kata Andi Dirham, Lurah Sunter Agung, dalam acara Musrenbang tingkat kelurahan di ruang serbaguna kantor Kelurahan Sunter Agung, Rabu, 31/1/2018.

“Tadinya 313 usulan setelah dilakukan Pra Musrenbang ada penambahan 4 usulan sehingga bertambah menjadi 317 usulan, total nilainya Rp 93.581.275.844.81,” ungkapnya.

Hadir pada acara itu, Kepala Suku Dinas PPAPP Jakarta Utara, Sekretaris Kecamatan Tanjung Priok, LMK, pengurus RW/RT, PKK, tokoh masyarakat, FKDM, Karang Taruna,  pengelola RPTRA, Forum Anak dan pendamping, serta undangan lainnya.

Sedangkan rincian usulan itu, dijelaskannya, antara lain 119 usulan kegiatan fisik Sudin Bina Marga, 128 usulan Sudin Sumber Daya Air, 22 Sudin Perindustrian dan Energi, 8 usulan Sudin Pemuda dan Olahraga, 6 usulan Sudin Perhubungan, 1 usulan Dinas Bina Marga, 1 usulan Sudin Lingkungan Hidup, 1 usulan Sudin Pendidikan Wilayah I, dan 1 usulan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan.

“Umumnya warga banyak mengusulkan perbaikan jalan di pemukiman warga karena kondisi jalan banyak yang rusak. Nantinya usulan-usulan tersebut akan dibahas di Musrenbang tingkat Kecamatan serta tingkat Kota untuk mendapatkan usulan skala prioritas,” jelas Andi

Selain itu, musrenbang juga mengusulkan kegiatan non fisik, berupa pusat pelatihan seni budaya, dan pusat pelatihan dan pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD) serta pemberdayaan masyarakat.

Sugeng tokoh masyarakat RW 10 Sunter Agung mengaku masih semangat mengikuti musrenbang tingkat kelurahan. “Ini kesempatan yang baik, Kami fokus pada usulkan pembangunan turap dengan sheet pile di Jalan Agung Barat I yang sering kami sampaikan. Saya harap usulan ini menjadi prioritas di tingkat kota pada program 2018 karena turap jalan Agung Barat I sudah banyak yang ambrol,” ujar dia. (jut/jui/r)

Leave a Reply