Tanam 1.000 Pohon Sukun, Kepulauan Seribu Raih MURI

Tanam 1.000 Pohon Sukun, Kepulauan Seribu Raih MURI

Bupati Kepulauan Seribu bersama masyarakat dan kalangan usaha tanam pohon sukun. (dok)

LINTAS, JAKUTNEWS – Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad menggalakkan tanam 1000 pohon sukun di sejumlah pulau di wilayahnya. Pohon sukun sukun diyakini dapat banyak manfaat diantaranya untuk kesehatan dan nilai ekonomis.

“Hari ini kami tanam seribu pohon sukun di 11 pulau. Ini akan berlanjut ke semua pulau yang ada di wilayah kepulauan seribu. Kata 1000 maksudnya banyak jadi kami terus menanam pohon,” kata Bupati Husein Murad, di Pulau Payung, Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Minggu, 28/10/2018.

Menurut Bupati gerakan 1.000 pohon sukun ini dilakukan atas kerjasama dan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan kalangan usaha.

“Kami ingin pohon sukun ini menjadi ikon dan ciri khas masyarakat kepulauan seribu. Sebab pohon sukun banyak memberikan manfaat baik pada buahnya maupun daunya juga dapat memberikan manfaat,” jelasnya.

Hingga kini, kata dia, sudah tercatatan 1.377 pohon sukun yang telah  tertanam dan tersebar di sejumlah pulau termasuk pulau sabira, pulau paling ujung kepulauan seribu.

“Harapan kami dengan gerakan ini semua masyarakat turut berpartisipasi dan memelihara kelestatian lingkungan agar menjadi teduh dan mempunyai nilai ekonomis,” tambahnya.

Sementara itu, Pihak MURI, Yusuf Mgadri mengatakan gerakan akan di catat dalam Museum Rekor Dunia -Indonesia.

“Kami mencatat hari ini di awali Pak Bupati, MURI mencatat menanam pohon sukun secara serentak dengan jumlah terbanyak. Penanaman itu mungkin biasa tapi MURI mencatatan penaman pohon yang jumlahnya massal minimal 1000 pohon dapat di catat pada Musium Rekor Dunia-Indonesia,” jelas Yusuf disela-sela penaman pohon Sukun bersama aparatur kepulauan seribu dan masyarakat. (jay/r)

Leave a Reply