Terkait PTSL, Warga Akan Geruduk BPN Jakut dan Lapor Dewan

Terkait PTSL, Warga Akan Geruduk BPN Jakut dan Lapor Dewan

Ilustrasi aksi massa di kantor BPN Jakarta Utara. (foto/ist)

TANJUNG PRIOK,  JAKUTNEWS – Program strategis nasional Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) kian di sambut antusias warga. Namun belakangan warga harus kecewa pasalnya Kantor BPN Jakarta Utara dianggap berbohong dan tidak lagi komitmen.

Warga, terutama kelompok masyarakat (Pokmas) yang telah di percaya BPN Jakarta Utara untuk membantu program tersebut harus menelan pil pahit karena tak mendapati kuota PTSL tahun 2018.

Padahal Pokmas seperti kelurahan Kebon Bawang dan Warakas sudah menyiapkan dokumen permohonan warga sebagai peserta program PTSL. Namun dua kelurahan tersebut tidak kebagian dan harus menunggu sampai tahun 2019.

Menurut Dojin,  warga Kebon Bawang BPN Jakarta Utara telah melakukan pembohongan dan tidak komitmen dengan ucapan yang disampaikan. Masyarakat kebon bawang sebelumnya telah di tentukan akan mendapatkan kuota 800 bidang. Hal itu disampaikan pihak BPN Jakarta Utara pada sebuah pertemuan bersama di kantor Kecamatan Tanjung Priok sekitar bulan Februari 2018.

Malam ini (8/9/2018) di infokan situs ini pokmas yang terdiri dari pengurus RW telah melakukan pertemuan membahas itu dan direncanakan akan melakukan aksi “menggeruduk” kantor BPN Jakarta Utara di Jalan Melur Raya, Koja, pada senin mendatang.

Kekecewaan senada juga disampaikan Pokmas Kelurahan Warakas. Ironinya, Secara administrasi Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Kantor Pertanahan Kota Adm Jakarta Utara No. 15/KEP-31.72/1/2018 Tentang penetapan lokasi percepatan pelaksanaan PTSL 2018.

Dalam SK itu tertanggal 31 Januari 2018 ditandatangani Kepala Kantor Pertanahan Kota Adm Jakarta Utara, Kasten Situmorang, memutuskan dan menetapkan lokasi-lokasi kegiatan PTSL sebagaimana daftar antaranya Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok mendapatkan 600 bidang, Kebon Bawang 800 bidang.

“SK-nya jelas sudah ada dan sudah kami terima,” kata Zaenal Arifin, Pokmas juga sebagai Ketua LMK Warakas.

Ia mengungkapkan sejak SK tersebut dikeluarkan pihaknya melakukan rapat bersama warga hingga melahirkan Surat Keputusan Lurah Warakas No. 08 tahun 2018 tentang susunan pengurus Pokmasdartibnah (Kelompok Masyarakat sadar tertib pertanahan, red) tahun 2018 Kelurahan Warakas.

“Persiapan dan sosialisasi kemasyarakat yang telah kami lakukan dan banyak masyarakat yang antusias, kini harus dibatalkan. BPN harusnya profesional, masa sudah seperti itu harus hilang. Kami sangat kecewa dan akan mengadukan terkait ini ke DPRD DKI Jakarta,” tandas Zaenal.

Terkait PTSL, Warga Akan Geruduk BPN Jakut dan Lapor Dewan

Suparlan

Sebelumnya Koordinator PTSL Wilayah Kecamatan Tanjung Priok Kantor BPN Jakarta Utara, Suparlan, mengaku pihaknya tetap melakukan komitmen.

“Terimakasih atas pengertiannya. Bahwa BPN Jakarta Utara tetap berkomitmen menyelesaikan pengukuran dan pendaftaran dalam rangka sukses PTSL Jakarta Utara. Itu yang perlu disampaikan kepada masyarakat,” kata Suparlan, Kamis, 6/9/2018.

Ia mengaku adanya minat warga pada program tersebut namun tidak semua wilayah kelurahan dapat dilayani (kuota) pada tahun 2018 ini.

“Terkait kelurahan-keluhan yang belum dapat diselesaikan di tahun 2018 dengan total target 52.000 bidang. Kami akan pastikan akan diselesaikan pada tahun depan (2019),” jelas Suparlan, berjanji.

Hal itu, kata dia, terjadi disebabkan mekanisme PTSL di pihak BPN Jakarta Utara yang begitu padat.

“Kami harus berjalan dari Kelurahan demi Kelurahan, RW demi RW secara terjadwal. Maka, ada 11 Kelurahan termasuk Kelurahan Kebon Bawang belum dapat dilaksanakan tahun ini,” tandasnya.

BPN Minta Maaf

Untuk itu, ia berharap masyarakat yang belum terlayani dalam program PTSL Tahun 2018 di Jakarta Utara dapat memahaminya.

“Mohon disampaikan kepada teman – teman Pokmas, RT/RW serta masyarakat pemilik tanah, permohonan maaf kami. Karena belum semua Kelurahan terlayani di tahun ini,” ucapnya.

Sumber:kabarSBI.com

Leave a Reply