Usai di Rehab SDN Papanggo O3 Gagal Mutu

IMG02116-20160101-1419

SDN Papanggo 03 Pagi

REDAKSI – Meninjau gedung sekolah SDN Papanggo O3 Pagi yang berdomisi di lingkungan RT 08 RW 08 Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara usai dilakukan rehab atau perawatan berat pada program peningkatan sarana dan prasarana pendidikan oleh unit Suku Dinas Pendidikan Wilayah I tahun anggaran 2015.

Jumat, 1/1/2016 situs ini mendatangi gedung dua lantai SDN Papanggo O3. Kabarnya sudah ada serah terima pemanfaatan sekolah tersebut dan rencanaya pada Senin, 04/1/2016 kegiatan belajar mengajar (KBM) sudah dapat dilakukan kembali.

Sekitar bulan oktober tahun lalu sekolah ini mulai dilakukan rehab berat dengan pekerjaan antara lain perbaikan atab, pasang keramik, pengecatan, ganti daun pintu ruang guru dan ruang kelas.

Pekerjaan tersebut dilaksanakan oleh PT. Siman Sanjaya beralamat di Jalan Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur. Siman Sanjaya adalah pemenang tender dengan pagu Rp. 1.164.900.000. Perencana program tersebut yaitu PT. Mitra Daerah Nusantara dan pengawas PT. Arsirona Pancagraha.

Pengamatan jakutnewscom dari hasil rehab proyek SDN Papanggo 03 didapati sejumlah pekerjaan cacat hasil dengan mutu pekerjaan yang rendah.  Seperti pengecatan dinding sekolah yang masih terlihat tipis, cat yang mengelupas, daun pintu serat, konci pintu macet, kusen lama rusak, jendela nako yang berkarat tidak di ganti dan lainnya.

Belum lagi sejumlah fasilitas sekolah mengalami kerusakan seperti tempat cuci tangan siswa, potnisasi, taman dan lapangan.

Setelah perbaikan, tidak banyak perubahan yang signifikan yang dapat mengangkat citra sekolah tersebut secara fisik bangunan lebih baik, lebih indah dan tidak kumuh. Padahal anggaran yang disiapkan Pemerintah DKI Jakarta miliaran namun hasilnya sangat mengecawakan masyarakat dalam hal ini siswa, wali murid, giru, dan warga sekitar.

Berikut kondisi gedung SDN Papanggo 03 usai mendapatkan perbaikan perawatan berat pada program peningkatan sarana dan prasarana pendidikan oleh unit Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Utara di tahun 2015.

IMG02131-20160101-1438

Gerbang pintu masuk utama SDN Papanggo 03 tidak ada perbaikan lantai banyak kerikil.

IMG02090-20160101-1349

Pintu masuk /pintu belakang yang rusak juga tidak ada perbaikan hanya di sanggah bambu dan batang pohon.

sdp 17 ruang perpustakaan

Ruang perpustakaan juga tidak ada perbaikan padahal ruang tersebut diharapkan mampu melahirkan generasi yang cerdas dan berilmu.

IMG02100-20160101-1403

Papan tulis ruang kelas sekolah ini juga sangat memprihatinkan rusak dan tidak ada penggantian.

sdp 10 cat rontok

Cat pada dinding tembok mulai rontok padahal tidak terkena hujan dan belum digunakan.

sdp 4 jendela wc siswa

pentilasi udara pada kamar WC siswa kaca kotor besi berkarat dan tidak ada penggantian. Begitupun pada semua jendela sekolah baik ruang kelas maupun guru tidak ada perbaikan padahal besi dan kaca nako sudah rusak dan berkarat.

sdp 14 kusen lama rusak

Kusen kelas dilantai dasar nampak rusak tidak di ganti.

sdp 1

Tembok luar sekolah masih kumuh dengan coretan dan cat yang mengelupas.

Ironis memang, sekolah yang baru mendapatkan program perbaikan sarana dan prasarana pendidikan namun masih didapati kerusakan disana-sini. Siapa harus bertanggungjawab.. (red)

Leave a Reply